The Accountant, Silat dan Om Herry


Lagi liburan kemarin nonton film nya Ben Affleck yang judulnya The Accountant, Film tahun 2016 ini bercerita tentang pria penderita autisme yang bekerja sebagai Akuntan publik kota kecil, yg secara rahasia juga bekerja buat organisasi kejahatan dunia.

Sebagai film Thriller, film ini cukup bagus. Banyak adegan laga yang terlihat sangat alami dan natural.

Tapi buat saya yang menarik adalah adanya adegan saat sang tokoh (Chris Wolff), belajar beladiri. Di sana di buat seolah sang tokoh bersama saudaranya belajar beladiri di Jakarta, Indonesia. Terutama di perlihatkan dari koran yang di pegang sang ayah yang bertuliskan Jakarta. Ternyata ceritanya Chris Wolf sedang belajar silat.

Loh kok Silat? Kenapa silat yang di pilih sebagai gaya bertarung sang tokoh di film itu? Ternyata itu adalah buah pemikiran dari sang sutradara Gavin O'Connor.

O'Connor berpikir apa beladiri yang tepat buat sang tokoh yang kebetulan juga seorang penderita Autisme. Akhirnya dipilihlah silat sebagai beladiri buat Chris Wolff. Menurutnya silat memiliki gaya yang memukau untuk di tampilkan di layar. Dan mengingat karater Chris Wolff, Sang sutradara berpendapat pastilah sang tokoh memikirkan cara paling efektif dan efisien untuk membunuh lawannya. Dan silat memiliki karakter ini. Silat di pandang sebagai self defense yang sangat sesuai.

Yang lebih menarik ternyata Ben Affleck belajar Silat loh buat menjiwai karakternya di film ini.
Ben menganggap silat  punya style yang menarik dan ngga banyak terlihat di film Holywood. Jadi film ini punya gaya bertarung sangat segar untuk dilihat.

Menariknya walau sama sama menggunakan Silat sebagai beladiri, O'Connor sama sekali tidak terilhami film The Raid yang baginya terlalu heboh. O'Connor maunya Silat yang tampil lebih membumi dan natural.

Terus terang sebagai orang Indonesia aku sangat senang bisa lihat Silat masuk Hollywood, semoga ini bisa jadi promosi yang bagus buat perkembangan Silat itu sendiri. Belakangan ini sebagai kaum muda seolah kita menganggap Silat tidak sesexy beladiri import justru karena sudut pandang kita seperti ikan di dalam aquarium. Orang yang di luar melihat semua yang didalam bagus. sedang yang didalam melihatnya selalu keluar.

Lalu apa hubungannya Ben Affleck , Silat dengan Om Herry atau nama lengkapnya Herry R Munadji? Ngga ada yang langsung sih. Kecuali om Herry adalah orang yang paling konsisten sebagai fans setia beladiri tanpa kekerasan.  Beliau orang yang paling percaya, Beladiri itu buat dinikmati, bukan buat di sombong sombongin. Beladiri itu tidak konstan tapi harus fleksibel dan selalu berkembang seperti kehidupan itu sendiri. Belajar beladiri bukan buat gagah gagahan atau keren kerenan. Bisa beladiri itu pencapaian tertingginya adalah "MAMPU HIDUP SELAMAT TANPA HARUS BERTARUNG". Dan yang paling utama salah satu ajarannya yang paling aku ikutin adalah menikmati beladiri itu bisa dengan macam macam cara, salah satunya adalah nonton film ini.


Mojo Jojo

Sumber: Dari sana sini




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Combat Sport

Seorang Ahli Pencak Silat Yang Terhempas Oleh MMA, Menyesuaikan Diri, Menjadi Lebih Kuat Dengan Kemampuan Beladirinya

Petarung MMA Wanita Dipaksa Foto Semi Telanjang Oleh Badan Promosinya